Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Kota Bandung
Sistem Informasi Aspirasi
Pengaduan dan Keluhan Warga
Siap Lur
Sistem Informasi Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan Warga (SIAP LUR) adalah sarana untuk penyampaian aspirasi dari warga Kota Bandung kepada anggota DPRD Kota Bandung dengan lebih cepat dan terbuka.

TENTANG SIAP LUR

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung adalah sebuah lembaga dimana anggotanya adalah mereka yang dipilih oleh masyarakat Kota Bandung dan bekerja memperjuangkan aspirasi warga Kota Bandung untuk kesejahteraan warga Kota Bandung.

Selama ini proses penyampaian aspirasi dari warga Kota Bandung dilakukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dan RESES anggota DPRD. Namun dengan keterbatasan waktu dan ruang, tidak semua aspirasi warga Kota Bandung mampu tersampaikan kepada Anggota Dewan yang bersangkutan pada kegiatan tersebut.

Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju di era digital saat ini, inovasi program dan sarana prasarana untuk penyampaian aspirasi berbasis teknologi sangat diperlukan.

Atas dasar itulah, Sistem Informasi Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan Warga (SIAP LUR) ini diluncurkan. SIAP LUR diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk penyampaian aspirasi dari warga Kota Bandung kepada anggota DPRD Kota Bandung dengan lebih cepat dan terbuka. Hal ini berkaitan juga dengan realisasi program parlemen modern, dimana salah satu indikatornya adalah adanya keterbukaan informasi dan transparansi publik.

SIAP LUR.. Kami siap menyampaikan aspirasi, pengaduan dan keluhan warga Kota Bandung untuk kebaikan Bersama.

 

 

TANYA JAWAB SEPUTAR SIAP LUR

 

Apa Itu SIAP LUR?

SIAP LUR merupakan singkatan dari Sistem Informasi Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan Warga.

 

Siapakah yang boleh menyampaikan Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan?

SIAP LUR diperuntukkan bagi warga Kota Bandung yang dibuktikan dengan verifikasi NIK dan KTP

 

Hal yang boleh dan tidak boleh dalam SIAP LUR

Segala permasalahan warga Kota Bandung boleh disampaikan dalam SIAP LUR

Yang Tidak Boleh adalah yang bersifat HOAX, FITNAH dan menyinggung SARA

 

Apakah Asiprasi dan Pengaduan akan ditampilkan di website?

Ya, Semua Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan yang memenuhi syarat akan ditampilkan di website.

 

Beda Aspirasi dengan Pengaduan/Keluhan apa sih?

Aspirasi adalah usulan, harapan, keinginan yang disampaikan seorang warga terhadap wakil rakyat baik berupa usulan pembangunan fisik ataupun program nonfisik.

Pengaduan/Keluhan  adalah penyampaian rasa tidak puas akan sesuatu hal/masalah yang dirasa perlu untuk disampaikan agar ada perbaikan selanjutnya.

 

Apakah admin melakukan seleksi terhadap Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan yang masuk?

Admin hanya menyeleksi berdasarkan keabsahan NIK dan KTP serta mengedit kata atau kalimat yang secara etika tidak layak tayang. Admin tidak mengubah isi Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan.

 

Apakah ada batasan waktu atau jam operasional untuk mengajukan Aspirasi, Pengaduan dan Keluhan di SIAPLUR?

SIAPLUR beroperasi 24 Jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Namun untuk memproses pengaduan yang masuk disesuaikan dengan jam dan hari kerja di DPRD Kota Bandung.   

***